Wednesday 17 July 2013

Hal Penting dalam Memilih Sunscreen



Cuaca yang panas dan teriknya matahari membuat Sunscreen menjadi suatu keharusan dalam beauty routine kita. Yang harus diperhatikan bahwa tidak semua sunscreen diproduksi sama.Menurut Darrell Rigel, MD, seorang professor dermatology dari New York University Medical Center, FDA aturan baru untuk label sunscreen akan membuatnya menjadi jauh lebih mudah bagi orang untuk membandingkan produk saat mereka ingin membeli sebuah sunscreen. 

 Inilah yang harus Anda cari:
  • Cakupan spektrum yang luas 
FDA memungkinkan sunscreen menggunakan istilah "board spectrum" hanya jika mereka lulus tes dalam memblokir sinar UVB dan UVA.Produk berlabel "board spectrum" mampu membantu melindungi kulit dari terbakar sinar matahari, kanker kulit, dan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari yaitu keriput dan penuaan kulit dini.

  • SPF di atas 30
 SPF atau Sun Protection Factor, mengacu pada lamanya waktu seseorang bisa berada di bawah sinar matahari dengan penggunaan sunscreen sebelum kulitnya terbakar matahari. Secara teori, semakin tinggi angka, semakin lama perlindungannya.
SPF pada sunscreen diuji pemakaiannya dengan ketebalan tertentu pada kulit, dan masalahnya orang-orang jarang menggunakan sunscreen tebal-tebal."Kenyataannya adalah bahwa jika Anda menggunakan 50 dan Anda menerapkan setengah jumlah nilai normal, Anda mendapatkan antara 12.5 dan 25 pada kenyataannya. SPF yang lebih tinggi menawarkan perlindungan yang lebih baik dan menghindari kulit terbakar walaupun Anda tidak menggunakannya cukup banyak.

  • Tahan air.  
Sunscreen lama Anda mungkin telah diklaim sebagai "tahan air" atau "tahan keringat." Istilah-istilah tidak lagi diizinkan di bawah aturan FDA baru karena mereka menyesatkan, Sebaliknya, botol sunscreen sekarang akan mengatakan apakah tabir surya tahan air selama 40 atau 80 menit.
Label baru ini juga tidak mengatakan apa-apa tentang bagaimana lengketnya atau berminyaknya produk tersebut, padahal itu penting, Rigel mengatakan, karena sunscreen hanya bekerja jika Anda menggunakan mereka."


Tips untuk Menerapkan Sunscreen

Setelah Anda menemukan produk yang Anda suka, pastikan untuk menggunakannya dengan benar. American Academy of Dermatology menawarkan tips untuk aplikasi yang tepat.

Gunakan secukupnya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 1ons penuh tabir surya untuk sepenuhnya mencakup semua daerah terkena kulit. Satu ons adalah jumlah dalam gelas atau cukup untuk sepenuhnya menutupi telapak tangan ditangkupkan Anda.


Gunakan lebih awal. Tabir surya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyerap ke dalam kulit, sehingga gunakanlah sebelum Anda kepala di luar ruangan.


Sering menggunakannya. Tabir surya harus diulang kembali setiap 2 jam, bahkan jika ia memiliki SPF tinggi. Pastikan untuk menggunakan lebih segera setelah berenang atau berkeringat.


Jangan gunakan produk-produk kadaluarsa. Sunscreen kehilangan efektivitasnya ketika mulai terpisah yaitu setelah 2 sampai 3 tahun diproduksi. Aduk atau kocok sampai rata setiap produk yang kedaluwarsa, atau yang terlihat berpasir atau yang tampilannya telah berubah.


Jangan mengandalkan tabir surya saja. Para ahli juga menyarankan menutupi dengan pakaian pelindung matahari, termasuk topiyang berpinggiran lebar dan kacamata hitam. Cobalah untuk menghindari sinar matahari sama sekali selama siang hari.

No comments:

Post a Comment