Monday 22 July 2013

Mengatasi Jerawat Diusia Dewasa



Mengapa saya masih memiliki jerawat di akhir 20-an?


Pada dasarnya, jerawat masa dewasa disebabkan oleh hal yang sama yang menyebabkan jerawat masa remaja, yaitu: minyak berlebih dan bakteri. Setiap perubahan ormone, pada kehamilan ataupun menstruasi, dapat memicu minyak berlebih.
Jerawat cenderung menurun dalam keluarga, jadi jika orang tua memiliki jerawat dewasa, Anda berisiko lebih tinggi. Orang bisa mendapatkan jerawat meskipun usianya sudah mencapai 40-an dan seterusnya.

Aku sering mencuci muka tapi masih berkomedo. Mengapa?


Mencuci wajah Anda tidak dapat menyingkirkan komedo  atau jerawat. Mengapa? Komedo blackhead terbentuk di bawah permukaan kulit, saat minyak yang biasa disebut sebum bereaksi dengan udara pada sebagian pori yang tersumbat. Ketika pori-pori benar-benar tersumbat, Anda mendapatkan whitehead.
Cuci wajah Anda  dua kali dalam sehari menggunakan pembersih ringan dan air hangat, jangan gunakan air panas.

Apakah pil KB menyebabkan atau menyembuhkan jerawat?


Pil KB dapat membantu sebagian  wanita mengontrol jerawat. Hormon-hormon dalam pil KB dapat membantu memblokir hormon androgen. Androgen memicu aktivitas kelenjar minyak. Tapi tidak semua jerawat disebabkan oleh kadar androgen tinggi. Bakteri yang tumbuh cepat di pori-pori juga berkontribusi terhadap jerawat.

Bisakah makeup menyebabkan jerawat?


Ya. Bahkan, apa pun yang Anda gunakan pada wajah Anda memiliki potensi untuk menyumbat pori-pori. Carilah makeup bebas minyak, tabir surya, dan produk kulit lainnya. Produk non-comedogenic dan nonacnegenic lebih baik untuk kulit berjerawat. Anda juga dapat mencoba menggunakan bedak bukan Foundation bertekstur krim.

Pekerjaan saya sangat stress. Apakah itu faktor penyebab jerawat?


Stres tidak dianggap sebagai penyebab utama jerawat. Lebih sering, jerawat Anda dapat meningkatkan tingkat stres Anda. Pengobatan jerawat yang efektif sebenarnya dapat membantu mengurangi stres Anda. Namun, pada beberapa orang, stres bisa memperburuk jerawat. Jika Anda berpikir stres memicu jerawat, berbicaralah dengan dokter Anda tentang belajar beberapa teknik relaksasi.

Apa kebenaran tentang coklat dan jerawat?


Tidak ada bukti ilmiah bahwa makan coklat, gula, atau makanan berminyak menyebabkan jerawat. Namun, jika tampaknya bahwa makanan tertentu memicu jerawat, hindarilah mereka. Makanan manis atau berminyak memperburuk kesehatan Anda dan berkontribusi terhadap diabetes dan penyakit jantung. Pilihlah makanan segar untuk kesehatan yang lebih baik.

Apakah jerawat batu?



Jerawat batu bisa menyakitkan dan sangat frustasi untuk diobati. Folikel tersumbat jauh di bawah permukaan kulit. Dokter Anda mungkin memilih untuk mengobati jerawat yang parah tersebut  dengan antibiotik oral untuk waktu yang singkat. Kortikosteroid dapat menenangkan peradangan. Krim topikal dengan retinoid juga dapat membantu.
Jangan pernah memencet atau mencungkil jerawat tersebut karena dapat memperburuk jerawat dan mungkin menimbulkan bekas.

Apa saja jenis  jerawat yang ada?



Ada dua jenis umum dari jerawat:
     Komedo – blackhead dan whitehead.
    Inflammatory lesions - papula (jerawat), pustula, atau nodul atau kista.
Seorang dokter kulit dapat  membahas bersama dengan Anda mengenai rencana perawatan yang sesuai dan cocok untuk tipe jerawat dan jenis kulit Anda yang unik dan berbeda satu sama lain.

Apakah ada hubungan antara jerawat dengan anemia?


Hubungan antara kurang darah atau anemia, rendahnya zat besi dan jerawat tidak terbukti. Namun, para ilmuwan percaya bahwa anemia  bukanlah penyebab jerawat. Melainkan karena mengambil terlalu banyak zinc untuk mengobati jerawat, dapat menyebabkan anemia. Ada bukti ilmiah yang terbatas bahwa zinc bekerja dalam mengobati jerawat.

Apakah aku akan berjerawat selamanya?


Dengan sendirinya jerawat sepertinya akan hilang dengan bertambahnya usia. Menurut sebuah penelitian, timbuknya jerawat akan berkurang umumnya setelah usia 44. Sedangkan untuk beberapa wanita, jerawat berakhir saat menopause.
Untungnya ada pengobatan untuk jerawat saat usia dewasa. Kebanyakan orang menemukan kombinasi produk yang bekerja dengan baik. Rata-rata pengobatan membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 12 minggu  dan masih harus terus diupayakan.

Apakah cara yang terbaik untuk mengobati jerawat?



Krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat (salicylic acid), atau alpha-hydroxy acid (AHA) adalah pengobatan pertama untuk dicoba.  Anda bisa mendapatkan krim dengan bahan-bahan tersebut dijual bebas ataupun dengan resep dokter. Retinoid – krim berbasis vitamin A – juga bekerja untuk membuka folikel rambut yang tersumbat.
Dokter dapat memberikan resep krim yang lebih kuat, atau obat lain yang membantu, seperti antibiotic, retinoid oral, androgen blocker, dan pil KB berdosis rendah.

Gunakan dua strategi sederhana:



Pertama, hindari menyentuh wajah Anda. Menyentuh wajah Anda dapat meningkatkan iritasi kulit Anda, dan mendorong pertumbuhan bakteri.
Kedua, menghindari rambut berminyak dari wajah Anda dan mencari produk rambut yang bebas minyak. Produk perawatan rambut yang berminyak dapat menyumbat pori-pori di wajah Anda.



No comments:

Post a Comment