Sunday 22 February 2015

Mengatasi Bibir Pecah Pecah



Saat udara dingin, kita menggunakan pakaian berlapi-lapis untuk melindungi tubuh kita, namun bagaimana dengan bibir kita? Bibir kita sangat mudah terpapar oleh sinar matahari, angin, udara dingin dan kering.

Bibir terdiri dari lapisan kulit yang tipis jadi sangat mudah menjadi kering. Kita bisa kehilangan kelembaban di area bibir 10 kali lebih cepat dibandingkan area tubuh lainnya.

Menjilati Bibir 

Kebiasaan menjilati bibir hanya akan membuat bibir kita semakin kering. Saat air ludah menguap, bibir kita akan menjadi lebih kering. Ludah memiliki asam yang dapat menghancurkan zat makanan. Zat asam tersebut yang dapat mengiritasi kulit bibir kita.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menggigit, menggosok dan mencabut kulit bibir yang pecah- pecah, yang akhirnya menyebabkan bibir menjadi berdarah dan dapat infeksi.

Melindungi Bibir dengan Lipbalm

Lipbalm melindungi kulit bibir kita dari paparan langsung sinar matahari, udara dingin dan kering, serta angin. Jadi jangan pernah biarkan bibir kita tanpa perlindungan apapun.

Sama seperti kulit yang mengalami penyembuhan lebih cepat saat lembab. Demikian juga kulit bibir. Pemakaian lipbalm berSPF sangat dianjurkan untuk melindungi dari apparan sinar matahari. Tidak dianjurkan lipbalm yang mengandung mint, eucalyptus, camphor karena bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan iritasi. 

Sedangkan untuk Ladies yang memiliki kulit mudah berjerawat, sebaiknya menghindari yang berbahan petroleum. Untuk beberapa orang, bahan tersebut menyumbat pori dan dapat menyebabkan jerawat atau komedo. 

Gunakan juga lipbalm yang berbentuk tube atau berbentuk seperti lipstik, karena lipbalm yang berbentuk pot lebih tidak higienis.

Selamat melindungi bibir Anda, Ladies..


No comments:

Post a Comment